Psikologi Manajemen
Psikologi manajemen
merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana mengatur sumber daya yang telah ada
untuk memenuhi kebutuhan.
Kaitannya psikologi
manajemen dengan psikologi karena unsur sumber daya manusianya merupakan modal
bagi perusahaan dan dalam ilmu psikologi itu sendiri pusatnya adalah manusia. Manusia
mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap
kerja,serta keterampilan dengan berbagai macam metode sehingga, dapat tercapai
SDM yang mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.
Terdapat beberapa
fungsi manajemen yaitu:
1.
Perencanaan (Planning)
Melihat kedepan
apa yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan dan meningkatkan target perusahaan
dan menyiapkan srategi terhadap perusahaan pesaing.
2.
Perorganisasian
(Organizing)
Bagaimana
strategi dalam perencanaan dilakukan dalam sebuah struktur yang kuat. Dan
memastikan bahwa organisasi tersebut dapat bekerja secara efisien dan efektif.
3.
Pengarahan
(Directing)
Melakukan
pengarahan untuk memotivasi pekerja untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik.
4.
Pengawasan
dan Pengendalian (Controlling)
Memastikan,
mengevaluasi dan mencari solusi atas
permasalahan degan semua kegiatan dari perencanaan sampai implementasi selesai.
Selain fungsi
juga terdapat beberapa jenis sumber daya yaitu:
1.
Sumber
Daya Manusia
2.
Sumber
Daya Informasi
3.
Sumber
Daya Fisik
4.
Sumber
Daya Keuangan
5.
Sumber
Daya Alam
Fungsi Perencanaan
Proses
yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasikan kecenderungan masa
yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan
target dan tujuan organisasi.
Kegiatan
dalam Fungsi Perencanaan
·
Menetapkan tujuan
dan target bisnis
·
Merumuskan strategi
untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
·
Menentukan sumber-sumber
daya yang diperlukan
·
Menetapkan standar
atu indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
Fungsi Pengorganisasian
Proses
yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik telah dirumuskan dalam
perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang kondusif dan dapat
memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan
efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan dakam Fungsi
Pengorganisasian
·
Mengalokasikan sumber
daya, merumuskan dan menetapkan tugas serta menetapkan prosedur yang diperlukan
·
Menetapkan struktur
organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
·
Kegiatan perekrutan,
penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia
·
Kegiatan penempatan
sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Proses
implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi
serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung
jawab dengan penuh kesadaran dan produktifitas tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan
dan Implementasi
·
Mengimplementasikan
proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja
agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
·
Memberikan tugas
dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
·
Menjelaskan kebijakan
yang ditetapkan
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Proses
yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah
direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai
dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan
dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan
dan Pengendalian
·
Mnegevaluasi keberhasilan
dalam pencapaian tujuan dan terget bisnis sesuai dengan indikator yang telah
ditetapkan
·
Mengambil langkah
klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
·
Melakukan berbagai
alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan
dan terget bisnis
Organisasi
Organisasi merupakan
suatu kelompok yang terbentuk karena memiliki tujuan yang sama
·
Organisasi dapat
dipandang sebagai suatu sistem terbuka artinya, suatu kelompok organisasi tidak
hanya bergerak dalam satu organisasinya saja tetapi ada kerjasama dengan organisasi
lainnya juga
·
Sistem diligkupi
oleh suatu batasan sistem artinya, setiap anggota kelompok dalam suatu
organisasi memiliki bagiannya masing-masing sehingga memiliki batasan antar
anggotanya. Misalnya, dalam organisasi OSIS disekolah masing-masing individu
memiliki bagian tugasnnya seperti sekertaris, bendahara, penanggung jawab seksi
konsumsi, seksi kebersihan, seksi perencanaa dan lainnya.
Kelompok
Kelompok adalah
sejumlah orang berinteraksi dengan satu yang lainnya, secara psikologikal bahwa
mereka mempersepsikan diri bahwa mereka adalah suatu kelompok.
·
Kelompok
formal : suatu tugas yang diberikan batasan dan berisi rincian tugas – tugas
dan tanggung jawab. Contoh: kelompok tugas, kelompok departemen, proyek
·
Kelompok
informal : kelompok informal adalah kelompok yang tidak diberi batasan dan
biasanya secara tidak sengaja dibuat. Contohnya : kelompok arisan, kelompok jalana
jalan
Terdapat fungsi
kelompok bagi anggotanya
1.
Kelompok
sebagai pemenuhan kebutuhan para anggota
2.
Sebagai
pengembang
3.
Sebagai
penetap dan penguji kenyataan
4.
Mekanisme
pemecahan masalah dan pelaksanaan tugas
Komunikasi
Merupakan proses
pengiriman berita dari seseorang kepada orang lain.
Unsur komunikasi
·
Adanya pengirim
berita
·
Adanya penerima
berita
·
Dan adanya
berita yang dikirim berupa
a.
Fakta dan
informasi
b.
Emosi
c.
Fakta yang
bercampur emosi
·
Adanya media
yang digunakan untuk mengirim berita tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar