Welcome To My Blog

Senin, 02 November 2015

Psikologi Manajemen



Psikologi Manajemen

Psikologi manajemen merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana mengatur sumber daya yang telah ada untuk memenuhi kebutuhan.
Kaitannya psikologi manajemen dengan psikologi karena unsur sumber daya manusianya merupakan modal bagi perusahaan dan dalam ilmu psikologi itu sendiri pusatnya adalah manusia. Manusia mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja,serta keterampilan dengan berbagai macam metode sehingga, dapat tercapai SDM yang mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.
Terdapat beberapa fungsi manajemen yaitu:
1.      Perencanaan (Planning)
Melihat kedepan apa yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan dan meningkatkan target perusahaan dan menyiapkan srategi terhadap perusahaan pesaing.
2.      Perorganisasian (Organizing)
Bagaimana strategi dalam perencanaan dilakukan dalam sebuah struktur yang kuat. Dan memastikan bahwa organisasi tersebut dapat bekerja secara efisien dan efektif.
3.      Pengarahan (Directing)
Melakukan pengarahan untuk memotivasi pekerja untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik.
4.      Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)
Memastikan, mengevaluasi  dan mencari solusi atas permasalahan degan semua kegiatan dari perencanaan sampai implementasi selesai.
Selain fungsi juga terdapat beberapa jenis sumber daya yaitu:
1.      Sumber Daya Manusia
2.      Sumber Daya Informasi
3.      Sumber Daya Fisik
4.      Sumber Daya Keuangan
5.      Sumber Daya Alam
Fungsi Perencanaan
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasikan kecenderungan masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
·         Menetapkan tujuan dan target bisnis
·         Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
·         Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
·         Menetapkan standar atu indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
Fungsi Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan dakam Fungsi Pengorganisasian
·         Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas serta menetapkan prosedur yang diperlukan
·         Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
·         Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia
·         Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawab dengan penuh kesadaran dan produktifitas tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi
·         Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
·         Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
·         Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
·         Mnegevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan terget bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
·         Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
·         Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan terget bisnis
Organisasi
Organisasi merupakan suatu kelompok yang terbentuk karena memiliki tujuan yang sama
·         Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem terbuka artinya, suatu kelompok organisasi tidak hanya bergerak dalam satu organisasinya saja tetapi ada kerjasama dengan organisasi lainnya juga
·         Sistem diligkupi oleh suatu batasan sistem artinya, setiap anggota kelompok dalam suatu organisasi memiliki bagiannya masing-masing sehingga memiliki batasan antar anggotanya. Misalnya, dalam organisasi OSIS disekolah masing-masing individu memiliki bagian tugasnnya seperti sekertaris, bendahara, penanggung jawab seksi konsumsi, seksi kebersihan, seksi perencanaa dan lainnya.
Kelompok
Kelompok adalah sejumlah orang berinteraksi dengan satu yang lainnya, secara psikologikal bahwa mereka mempersepsikan diri bahwa mereka adalah suatu kelompok.
·         Kelompok formal : suatu tugas yang diberikan batasan dan berisi rincian tugas – tugas dan tanggung jawab. Contoh: kelompok tugas, kelompok departemen, proyek
·         Kelompok informal : kelompok informal adalah kelompok yang tidak diberi batasan dan biasanya secara tidak sengaja dibuat. Contohnya : kelompok arisan, kelompok jalana jalan
Terdapat fungsi kelompok bagi anggotanya
1.      Kelompok sebagai pemenuhan kebutuhan para anggota
2.      Sebagai pengembang
3.      Sebagai penetap dan penguji kenyataan
4.      Mekanisme pemecahan masalah dan pelaksanaan tugas
Komunikasi
Merupakan proses pengiriman berita dari seseorang kepada orang lain.
Unsur komunikasi
·         Adanya pengirim berita
·         Adanya penerima berita
·         Dan adanya berita yang dikirim berupa
a.       Fakta dan informasi
b.      Emosi
c.       Fakta yang bercampur emosi
·         Adanya media yang digunakan untuk mengirim berita tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar