Welcome To My Blog

Sabtu, 12 November 2016

Analisis Perbedaan Tes IQ Manual dengan Tes IQ Berbasis Komputer

Tugas Softskill Individu
Analisis Perbedaan Tes IQ Manual dengan Tes IQ Berbasis Komputer


Rizka Andhani     17513892
4PA10

Universitas Gunadarma

Inteligensi merupakan salah satu modal penting untuk meraih kesuksesan, sedangkan tes inteligensi dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif. IQ atau singkatan dari Intelligence Quotient, adalah skor yang diperoleh dari sebuah alat tes kecerdasan. Dengan demikian, IQ hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang dan tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan Tes IQ banyak digunakan oleh berbagai kalangan, misalnya pihak sekolah di SMA dalam menentukan jurusan. Hal ini dilakukan karena kemampuan IQ siswa berbeda-beda pada tingkatannya.
Tes IQ yang biasa dilakukan adalah secara manual yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mengetahui hasil IQ, selain itu banyak peserta tes sulit memahami untuk menghitung hasil tes IQ karena cukup rumit. Olehkarena itu, dengan semakin berkembangnya teknologi maka mitra, dalam hal ini kami ingin mengembangkan metode pemilihan jurusan berbasis komputer yang diuji berdasarkan tes IQ mereka dan bagaimana merancang sebuah sistem aplikasi yang memindahkan tes IQ secara manual ke dalam sistem digital atau berbasis komputer.
Penelitian yang relevan dengan penelitian ini adalah dari kurnianingsih (2009) yang berjudul Aplikasi Tes IQ menggunakan Teknologi Mobile menggunakan Waterfall Model sebagai metode pengembangan sistemnya. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan kuro IQ yang dapat berperan pada emulator Eclipse dengan target AVD Android 2. Éclair dan pada smartphone Android dengan operating sistem android 2.3 Gingerbrad. Kuro IG memudahkan penggunaan untuk mengetahui tingkat kecerdasan tanpa harus melakukan tes tertulis. Penelitian kedua adalah penelitian dari wawan wardina dan viska veronica tobing (2012) yang berjudul aplikasi system pakar tes kepribadian berbasis web. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang menggunakan metodologi berorientasi objek dengan pemodelan visual Unified Modelling Language (UML). Perangkat ini dibuat untuk mengetahui kepribadian individu sehingga dapat membantu dalam mengembangkan kepribadianya.
Perbedaan tes IQ berbasis komputer dengan tes IQ manual
Tes IQ berbasis komputer
Kelebihan
  •          Tes IQ menggunakkan komputer menjadi lebih praktis  dan efisien
  •          Dengan menggunakan komputer menjadi lebih mudah dalam hal skoring
  • ·        Tidak terbatas oleh jarak dan waktu sehingga menjadi lebih fleksible
  •         Lebih ekonomis tanpa harus menggunakan kertas dalam jumlah yang banyak

Kekurangan
  • ·        Terkadang sering terjadi erorr dalam mengakses
  • ·         Tidak semua orang bisa menggunakan komputer meskipun hanya beberapa
  • ·       Butuh koneksi internet yang baik ketika subjek yang ditujukan berada di daerah pedalaman
  • ·        Sering terjadi kesalahan teknis yang tak terduga

Tes IQ manual
Kelebihan
  • Sebagai penguji pemula dapat mengembangkan rasa kepercayaan dirinya sebagai tutor yang memberikan instruksi kepada calon testee yang akan diuji IQ nya karena berhadapan secara langsung
  • Penguji dapat mengamati secara langsung ketika tes sedang berlangsung sehingga hasilnya tidak dapat dimanipulasi


Kekurangan
  • ·    Tes IQ yang biasa dilakukan secara manual yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mengetahui hasil IQ
  • ·      Selain itu banyak peserta tes sulit memahami untuk menghitung hasil tes IQ karena cukup rumit.



Daftar Pustaka
Irmawati & Ahyuna. (2016). Perancangan Aplikasi Tes IQ Siswa untuk Pertimbangan Pemilihan Jurusan dengan Metode Forward Chaining. Journal Citec. Volume 3. (2).  Makassar: STMIK Dipanagara.

Fitrianingsih, K.N. Darmawiguna, M.I, dkk. (2015). Pengembangan Tes IQ (Intelligence Quotient) pada Anak Usia Dini Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika Volume 4. (4). Bali: Universitas Pendidikan Ganesha




Tidak ada komentar:

Posting Komentar